Dalam buku " Place to Space : Migrating to e-Businees Models
", peter weill dan Michael R.Vitale memperkenalkan delapan tipe model
E-Bisnis utama yang dapat di pilih oleh perusahaan :
1.Model Direct To Customer : Melakukan penjualan melalui hubungan yang
terjalin secara langsung antara perusahaan dengan pelanggan nya.
Kompetensi Utama:
-Membentuk dan mengelola kemitraan strategis dengan pemasok
-Menggunakan informasi pelanggan untuk meningkatkan penjualan dan
pelayanan
Menciptakan konten sendiri
2. Model Full Service Provider : Menyediakan berbagai fasilitas dan jasa
(sumber daya) yang dibutuhkan oleh perusahaan lain dalam menjalankan operasi
bisnisnya.
Kompetensi Utama :
-Membentuk hubungan yang kuat dengan pelanggan
-Mengumpulkan,mensintesis, dan menganalisis informasi segmen pelanggan
dan membandingkan nya dengan jasa yang sedang /akan di sediakan.
3. Model Whole Of Enterprise : Menawarkan fasilitas satu pintu (Single
point of contact ) kepada pelanggan yang membutuhkan pelayanan tertentu yang
melibatkan banyak pihak ( Perusahaan ).
Kompetensi Utama :
Mengelola lingkungan sistem yang kompleks dan heterogen
Menegosiasikan dan membentuk kesepakatan antar manajer dari unit-unit
bisnis yang berbeda.
4.Model Intermediaris : Menjadi perantara (Broker) dari berbagai jenis
keperluan (Berdasarkan data ,informasi,segmen industri,komunitas,dsb).
Kompetensi Utama :
Melakukan analisis dan segmentasi informasi pelanggan
Mengumpulkan,mensintesis, dan menggunakan informasi produk,harga, dan
kebutuhan pelanggan.
5. Model Shared Infrastructure : Menawarkan penyewaan terhadap berbagai
infrastruktur teknologi informasi,meliputi database,aplikasi,perangkat
keras,dan jaringan.
Kompetensi Utama:
Menyediakan layanan infrastruktur terpadu
Menjalankan infrastruktur yang kompleks dengan efesien.
6. Model Virtual Community : Memanfaatkan komunitas yang ada didunia
maya untuk berbagai keperluan seperti penawaran berbagai produk dan jasa
digital.
Kompetensi Utama
Membangun kesetiaan komunitas
Menyediakan konten atraktif
7. Model Value Net Integrator : Mengintegrasiakn berbagai entitas atau
sumber daya yang ada di internet agar produk/jasa-jas baru yang belum pernah
ada sebelumnya dapat di tawarkan kepada pasar dan calon pelanggan.
Kompetensi Utama :
Mengelola hubungan dengan pelanggan dan semua pemain dalam rantai nilai.
Mengembangkan dan mengelola brand
Menganalisis dan memahami informasi dari berbagai sumber.
8. Model Content Provider : Menawarkan pelayanan pembentukan dan
distribusi data ,informasi, knowledge (Content) yang bernilai tinggi kepada
pelanggan.
Kompetensi Utama:
Memilki unggulan dan keahlian pada bidangnya.
Memelihara hubungan dengan sekumpulan besar pencipta konten
Memodularisasi,meyimpan,dan menggabungkan ,dan menyebarkan konten dengan
harga yang pantas.
Demikianlah teman-teman artikel 8 Model E-Bisnis semoga bermanfaat bagi
kita semua.
Mohon kritikan dan sarannya demi kemajuan bersama :)
Post a Comment
Berilah komentar yang sopan & santun demi kemajuan bersama.