8 Model E-Bisnis

Dalam buku " Place to Space : Migrating to e-Businees Models ", peter weill dan Michael R.Vitale memperkenalkan delapan tipe model E-Bisnis utama yang dapat di pilih oleh perusahaan :

1.Model Direct To Customer : Melakukan penjualan melalui hubungan yang terjalin secara langsung antara perusahaan dengan pelanggan nya.
 Kompetensi Utama:
-Membentuk dan mengelola kemitraan strategis dengan pemasok
-Menggunakan informasi pelanggan untuk meningkatkan penjualan dan pelayanan
  Menciptakan konten sendiri

2. Model Full Service Provider : Menyediakan berbagai fasilitas dan jasa (sumber daya) yang dibutuhkan oleh perusahaan lain dalam menjalankan operasi bisnisnya.
 Kompetensi Utama :
-Membentuk hubungan yang kuat dengan pelanggan
-Mengumpulkan,mensintesis, dan menganalisis informasi segmen pelanggan dan membandingkan nya dengan          jasa yang sedang /akan di sediakan.

3. Model Whole Of Enterprise : Menawarkan fasilitas satu pintu (Single point of contact ) kepada pelanggan yang membutuhkan pelayanan tertentu yang melibatkan banyak pihak ( Perusahaan ).
 Kompetensi Utama :
Mengelola lingkungan sistem yang kompleks dan heterogen
Menegosiasikan dan membentuk kesepakatan antar manajer dari unit-unit bisnis yang berbeda.

4.Model Intermediaris : Menjadi perantara (Broker) dari berbagai jenis keperluan (Berdasarkan data ,informasi,segmen industri,komunitas,dsb).
 Kompetensi Utama :
Melakukan analisis dan segmentasi informasi pelanggan
Mengumpulkan,mensintesis, dan menggunakan informasi produk,harga, dan kebutuhan pelanggan.

5. Model Shared Infrastructure : Menawarkan penyewaan terhadap berbagai infrastruktur teknologi informasi,meliputi database,aplikasi,perangkat keras,dan jaringan.
 Kompetensi Utama:
Menyediakan layanan infrastruktur terpadu
Menjalankan infrastruktur yang kompleks dengan efesien.

6. Model Virtual Community : Memanfaatkan komunitas yang ada didunia maya untuk berbagai keperluan seperti penawaran berbagai produk dan jasa digital.
 Kompetensi Utama
Membangun kesetiaan komunitas
Menyediakan konten atraktif

7. Model Value Net Integrator : Mengintegrasiakn berbagai entitas atau sumber daya yang ada di internet agar produk/jasa-jas baru yang belum pernah ada sebelumnya dapat di tawarkan kepada pasar dan calon pelanggan.
 Kompetensi Utama :
Mengelola hubungan dengan pelanggan dan semua pemain dalam rantai nilai.
Mengembangkan dan mengelola brand
Menganalisis dan memahami informasi dari berbagai sumber.

8. Model Content Provider : Menawarkan pelayanan pembentukan dan distribusi data ,informasi, knowledge (Content) yang bernilai tinggi kepada pelanggan.
 Kompetensi Utama:
Memilki unggulan dan keahlian pada bidangnya.
Memelihara hubungan dengan sekumpulan besar pencipta konten
Memodularisasi,meyimpan,dan menggabungkan ,dan menyebarkan konten dengan harga yang pantas.

Demikianlah teman-teman artikel 8 Model E-Bisnis semoga bermanfaat bagi kita semua.
Mohon kritikan dan sarannya demi kemajuan bersama :) 

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan & santun demi kemajuan bersama.